Monday, August 4, 2008

DSLAM

DSLAM
(Digital Subscriber Line Access Multiplexer),

Adalah piranti dalam jaringan komputer, yang diletakkan di kantor sentral telepon yang menerima sinyal dari koneksi banyak pelanggan DSL (Digital Subscriber Line)/ Sambungan Telepon, kemudian meneruskan ke backbone berkecepatan tinggi, menggunakan teknik multiplexing.

Sesuai dengan spesifikasi produk dari vendor yang membuatnya, DSLAM multiplexer terhubung dengan line DSL dengan kombinasi Asyncrhonous Transfer Mode (ATM), Frame Relay atau Internet Protocol (IP).

DSLAM biasa dipergunakan oleh TELKOM dalam memberikan layanan ke pelanggan dengan kombinasi Sambungan DSL dengan teknologi backbone jaringan dengan ATM.

Bukan hanya Telkom saja, saat ini banyak perusahaan provider-provider yang menggunakan metode DSLAM ini.

Untuk perusahaan provider internet yang pernah saya lihat secara langsung yg menggunakan metode ini adalah speednet, waktu itu jaringan hotel peninsula sebelum Datautama menggunakan jaringan DSLAM.

Dimana koneksi internet dari backbone masuk ke dalam perangkat DSLAM lalu kemudian di “inject” ke dalam jaringan telepon yg dapat menghantarkan voice dan data, yg kemudian meneruskan perangkat modem adsl di sisi end user.

Dan keuntungan yang di dapat dengan metode DSLAM adalah dimana jaringan internet dgn metode DSLAM dapat digunakan tanpa harus mensetting jaringan tsb dengan settingan DHCP IP atau STATIC IP.

Hal di atas sangat membantu di sisi end user, karena terjadi case bahwa mereka tidak mau merubah settingan ip lan di laptop mereka hanya untuk melakukan koneksi internet di hotel.

Dengan DSLAM apapun kondisi settingan di laptop end user, apakah memiliki ip (static) atau tidak memiliki ip (dhcp), mereka tanpa kesulitan dapat melakukan koneksi internet tanpa kendala harus merubah-rubah settingan di laptop mereka.

Sebenarnya metode DSLAM bisa dikatakan sangat sempurna untuk jaringan internet.

Namun biasanya problem yang terjadi pada metode DSLAM, dimana saya ambil contoh jaringan Speednet di hotel peninsula adalah modem adsl yang kurang berkualitas, shg menyebabkan banyaknya trouble yg terjadi di sisi end user.

Namun yang menjadi kendala bagi perusahaan-perusahaan kecil atau menengah yang belum cukup kuat di sisi ekonomis nya. Maka metode DSLAM seperti di atas tidak bisa di terapkan, karena dari sisi investasi perangkat yang cukup mahal.

Penjabaran metode DSLAM yang saya jabarkan di atas masih sangat sederhana.
Masih banyak penjabaran ttg metode DSLAM secara detailnya, takutnya kalau di jabarkan semua di blog bisa-bisa terlalu panjang. hehe...

Ya Semoga saja bermanfaat bagi yang membaca blog saya ini….
:p

No comments: